Pengalaman Pakai Realme Narzo 30A, HP Gaming Murah Hanya 1,8 Jutaan

- April 05, 2021

Lebih dari satu bulan saya menggunaakan realme narzo 30A sebagai hp utama dan saya gunakan untuk melakukan aktifitas sehari hari, layaknya membuka sosial media, membalas pesan dan editing video.

Narzo 30A bagi saya cukup menarik, karena menggunakan chipset gaming Mediatek Helio G85 tetapi di banderol dengan harga 1.8 Juta saja, bagaimana tidak memuaskan. Chipset Helio G85 biasanya ditemukan di harga 2-4 Juta. Tidak hanya itu yang saya dapatkan, namun saya cukup puas dengan desain yang fresh dan tidak monoton.

Pengalaman pakai realme narzo 30a
Berbicara soal pengalaman yang pasti ada kelebihan dan kekuranganya, mari kita simak pengalaman saya menggunakan realme narzo 30A mulai dari performa hingga batterai.

1. First Impression

Ketika pertama kali saya memegang hp ini tidak ada kesan murahnya sama sekali, terkesan solid dan desainya yang berbeda membuat saya makin suka dengan hp ini. 

Namun yang agak sedikit membosankan adalah kamera depan, rata rata hp sekarang menggunakan desain water drop atau biasa pengguna biasa menyebut poni. Mungkin akan lebih menarik jika desain kamera punch hole, lebih terlihat pas dan elegan.

2. Performa

Soal performa Narzo 30A mendapatkan skor antutu 200ribuan, skor segini untuk bermain mobile legends bisa libas dengan mudah sedangkan untuk PUBG sudah lumayan, tidak ada ngelag yang berarti, semuanya berjalan lancar.

Sedangkan untuk penggunaan sehari hari seperti kirim pesan, buka sosialmedia, marketplace, editing video semuanya lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Untuk soal performa saya cukup puas dengan Narzo 30A dengan harga yang tebilang murah.

3. Layar dan UI

Untuk soal layar, Narzo 30A di bekali layar IPS sebesar 6.5' dengan resolusi Full HD dan kecerahan layar sampai 570 nits membuat layar dari hp ini sudah cukup memenuhi kebutuhan tampilan yang jernih. 

Tidak ada kendala sama sekali soal layar, sentuh juga terbilang responsif dengan multi touch sampai 10 sentuhan dan sangat cukup buat bermain game.

Untuk UI terbilang biasa aja karena tampilan juga masih sama dengan realme lainya, akan tetapi dengan android terbaru yaitu android 10 beberapa tampilan di setting terlihat lebih fresh.

4. Kamera

Realme Narzo 30A menyematkan dual kamera masing-masing 13MP untuk kamera utama dan 2MP untuk lensa BW. Buat yang belum tahu, lensa bw ini semacam filter di aplikasi edit video, jadi menurut saya lensa ini tidak terlalu dibutuhkan dan lebih baik depth sensor atau macro.

Untuk kualitas gambar tergolong bagus dan sesuai dengan harganya, akan tetapi saya sedikit mengalami kendala pada kamera depan. Jika kita selfie di kondisi matahari terik, maka akan menimbulkan bercak air pada wajah kita. Selebihnya soal kamera narzo 30a sudahlah cukup.

5. Batterai

Batterai realme narzo 30a dengan kapasitas 6000 mah membuat hp ini lebih awet dan performa penggunaan juga lebih mantep. Dari penggunaan saya, biasanya untuk aktifitas normal saya hanya charge satu kali sehari dan biasanya tidak sampai 0% .

Rata rata batterai tersisa 30% setiap harinya dan baru saya charge malam harinya, terbilang cukup awetlah, karena penggunaan saya juga cukup banyak, seperti editing dan bermain sosial media yang mengharuskan stay lebih banyak.

6. Sensor

Untuk sensor dari realme narzo 30a terbilang komplit, sensor seperti cahaya, gyro, accelerometer, proximity, compass semuanya ada.

Untuk kebutuhan game dan sehari hari sudahlah cukup dan memenuhi.

7. Kekurangan

Salah satu kekurangan yang cukup terasa di narzo 30a berdasar pengalamana adalah pada kamera depan yang terkadang muncul bintik macam tanda air. Sedangkan kekurangan lainya adalah tidaka danya softcase, menurut saya softcase cukuplah penting, karena menunggu softcase hadir di pasar offline cukuplah lama dan jika beli online harus menunggu paling tidak 3 harian.

8. Kelebihan

Soal kelebihan jelas pada performa dan harga murah, hp ini di bekali chipset gaming helio G85 tetapi harganya cuma 1.8Juta, ditambah desain yang fresh dan tidak terkesan murah.

9. Kesimpulan

Jika kebutuhan Anda adalah performa, maka narzo 30A adalah solusinya, tetapi jika Anda ingin mempunyai fitur kamera yang lengkap mungkin narzo 30A kurang cocok. Secara keseluruhan untuk kebutuhan normal, nrarzo 30a menurut saya sudahlah cukup.

Baik jadi itu adalah pengalaman saya menggunakan realme narzo 30a, semoga bermanfaat dan yuk share kepada teman-teman Anda dan jika Anda mempunyai pengalaman lain, bagikan di kolom komentar. Terimakasih

Advertisement


EmoticonEmoticon

 

Klik dan mulai mencari..